Kategori Artikel

Sastra foto

Antropologi

DESKRIPSI UMUM JURUSAN ANTROPOLOGI

Keberadaan Jurusan Antropologi di Fakultas Sastra Universitas Udayana, tidak terlepas dari cita-cita pendiri Fakultas ini. Oleh karena itu, atas prakarsa dari Prof. Dr. I Gusti Ngurah Bagus dan kawan-kawan, maka tahun 1962 berdirilah Jurusan Antropologi di Fakultas Sastra Universitas Udayana. Kendatipun jurusan ini sudah berdiri sejak tahun 1962, namun SK. tentang pembukaan Program Studi Antropologi baru turun pada tahun 1984 dengan SK. Mendikbud No.55.01 KTI/Kep./1984, tertanggal 31 Juli 1984.

Jurusan Antropologi Fakultas Sastra Universitas Udayana memiliki visi dan misi sebagai berikut:

Visi : Mewujudkan program studi Antropologi sebagai lembaga ilmiah yang memiliki wawasan, integritas dan jatidiri serta bersandar pada kebudayaan dalam konteks lokal, nasional dan global.

Misi: Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat yang mengarah kepada upaya-upaya pengembangan konsep-konsep, teori-teori, metodologi ilmu sosial yang lebih tajam, akurat, dan relevan dengan tuntutan pengembangan iptek dan perubahan masyarakat
KOMPETENSI JURUSAN ANTROPOLOGI

Jurusan Antropologi Fakultas Sastra Universitas Udayana bertujuan menghasilkan:

  1. Lulusan S.l Antropologi yang memahami nilai budaya yang hidup dalam masyarakat.
  2. Sarjana Antropologi yang memiliki keterampilan memiliki guna menggali dan mengembangkan kebudayaan.
  3. Sarjana Antropologi yang mampu menggunakan pendekatan konsep dan teori kebudayaan untuk memecahkan problem yang terjadi dalam masyarakat.
  4. Sarjana Antropologi yang mampu melestarikan nilai-nilai budaya sebagai warisan leluhur yang berguna bagi generasi yang akan datang.

Gelar kesarjanaan lulusan Jurusan Antropologi Fakultas Sastra Universitas Udayana adalah S.Ant. (Hasil Lokakarya Ketua-Ketua Jurusan Antropologi se-Indonesia, 27-29 November 2008 di Bandung, Jawa Barat).

KEGIATAN YANG SEDANG DAN AKAN BERLANGSUNG

a.Penyempurnaan Kurikulum Jurusan sesuai dengan Hasil Lokakarya Ketua-Ketua Jurusan

Antropologi se-Indonesia, 27-29 November 2008 di Bandung, Jawa Barat

b. Sosialisasi Jurusan Antropologi ke SMA di Bali dan di NTB

c. Semiloka Guru Bidang Studi Sosiologi/Antropologi di SMA

d. Meningkatkan kegiatan penelitian di kalangan mahasiswa

e. Menerbitkan jurnal Antropologi secara berkala